SOP ASESMEN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.
Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.
Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah.
Regulasi SOP Asesmen Madrasah Tahun 2022/2023 tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah (SOP AM) Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat diunduh di link berikut (DOWNLOAD)
Materi Sosialisasi SOP dan Bimtek Penyusunan Instrumen Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023-1 (DOWNLOAD)
Materi Sosialisasi SOP dan Bimtek Penyusunan Instrumen Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023-2 (DOWNLOAD)
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Selamat Datang Drs. Sugiyanto
Dengan kedatangan kepala madrasah yang baru, kami menyambut harapan besar untuk masa depan yang lebih cerah dan gemilang. Sebagai pemimpin yang diharapkan dapat membawa inovasi dan sema
Selamat Bertugas Di Tempat Baru, Ibu Erna Tri Wiyanti
Pada kesempatan yang baik ini, kami segenap keluarga besar MIN 8 Boyolali ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Erna Tri Wiyanti, M.Pd atas dedikas
MIN 8 BOYOLALI IKUTI KARNAVAL BUDAYA 2024
Karnaval Budaya memang sudah menjadi agenda kegiatan tahunan di kecamatan Klego. Kegiatan ini ber-star di Lapangan Bade dan sebagai tempat finisnya di Lapangan Ngembat Klego. Pelaksana
SEMANGAT UPACARA HARI PRAMUKA KE63
Pada hari yang cerah ini, kita berkumpul di halaman madrasah untuk memperingati Hari Pramuka yang ke-63. Upacara ini bukan hanya sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah gerak
MIN 8 BOYOLALI SIAP MENGHADAPI PKKM 2024
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) merupakan langkah penting dalam memastikan kualitas kepemimpinan dan manajemen pendidikan di madrasah. PKK
DIRGAHAYU KEMERDEKAAN KE-79 RI
Segenap Keluarga Besar MIN 8 Boyolali mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia. Berikut adalah narasi tentang bidang-bidang perjuangan dan tokoh-tokohn
MATSAMA MIN 8 BOYOLALI
Selamat datang di kegiatan MATSAMA atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 MIN 8 Boyolali. Istilah ini di dinas yang lain disebut dengan MPLS (Masa Pengen
KSM TINGKAT KABUPATEN BOYOLALI 2024
KSM tahun ini diselenggarakan tanggal 3 Juli 2024 secara serentak se-kabupaten Boyolali. Kreativitas merupakan integrasi dari faktor utama yang ada dalam diri manusia. Dalam mengh
KALENDER MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Pedoman Kalender Pendidikan Madrasah 2024/2025 Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah merilis pedoman Kalender Pendidikan Madrasah Tahun 2024/2025. Pedoman Kaldik Madra
WISUDA DAN PENTAS SENI MIN 8 BOYOLALI
Rabu 12 Juni 2024, MIN 8 Boyolali menggelar acara wisuda siswa-siswi kelas 6 tahun pelajaran 2023/2024. Wisuda ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penutupan tahun pelajaran sek