
POS AM 2024
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah atau POS AM Tahun Pelajaran 2023/2024 akhirnya resmi dirilis Kemenag. Regulasi inilah yang kemudian menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun 2024,
Regulasi ini berupa Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Siswa tingkat terakhir di setiap jenjang madrasah, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan akan mengikuti Asesmen Madrasah di tahun ini.
Asesmen Madrasah, sebagaimana dijelaskan dalam POS AM 2024, adalah asesmen yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
Bentuk Asesmen dalam Asesmen Madrasah, masih menurut POS Asesmen Madrasah 2024, dapat berupa tes tertulis, praktik, portofolio, penugasan, maupun bentuk asesmen lain yang ditetapkan madrasah. Bentuk soal asesmen tertulis dapat berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar-salah, setuju-tidak setuju, menjodohkan, isian, atau uraian.
Persiapan penyelenggaraan Asesmen Madrasah, mulai dari penyusunan kisi-kisi soal, penyusunan soal, hingga penggandaan soal dilakukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara.
Demikian juga dalam pelaksanaannya, dimana madrasah penyelenggara dapat memilih melaksanakan Asesmen Madrasah dengan moda Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK), Asesmen Madrasah Berbasis Kertas (AMK) ataupun bentuk lainnya.
Adapun terkait waktu penyelenggaraan Asesmen Madrasah, POS Asesmen Madrasah Tahun 2023/2024 memberikan rambu-rambu terkait rentang waktu penyelenggaraan.
Rentang waktu pelaksanaan AM tersebut adalah:
Rentang waktu asesmen jenjang MA: 4-30 Maret 2024
Rentang waktu asesmen jenjang MTs: 22 April - 11 Mei 2024
Rentang waktu asesmen jenjang MI: 29 April - 18 Mei 2024
Download POS Asesmen Madrasah 2024
Ketentuan lainnya secara lebih lengkap tentu diatur dalam Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Untuk itu, agar lebih memahami penyelenggaraan asesmen ini silahkan unduh dan pelajari POS Asesmen Madrasah 2024 melalui link (Unduh).
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MIN 8 Boyolali Gelar Apel Peringatan Hari Kartini 21 April 2025
Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2025, MIN 8 Boyolali menyelenggarakan kegiatan Apel Peringatan Hari Kartini pada hari Senin, 21 April 2025 bertem
PAWAI TA'ARUF RAMADHAN MIN 8 BOYOLALI
Hari Rabu, 25 Februari 2025, menjadi momen yang penuh makna dan kebahagiaan bagi seluruh keluarga besar MIN 8 Boyolali. Pagi itu, pukul 07.30 WIB, suasana di sekitar Madrasah Ibtidaiyah
RAFKA PRAMUDYA SAPUTRA: Juara 1 Lomba Pantomim dalam Gebyar Milad Ke-48 MTs Muhammadiyah 7 Klego Boyolali
Pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat SD/MI, sering kali mengadakan berbagai lomba sebagai sarana untuk mengembangkan potensi siswa dalam berbagai bidang. Salah satu event yang
OUTING CLASS INDROKILO DAN UMBUL SEWU
Pada tanggal 17 Desember 2024, MIN 8 Boyolali mengadakan kegiatan Outbound yang diikuti oleh siswa kelas 1 hingga kelas 4. Kegiatan ini dilaksanakan di dua l
TELADANI PAHLAWANMU CINTAI NEGERIMU SEBAGAI AMANAT KEPADA GENERASI PENERUS BANGSA
Di pagi yang cerah ini, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di MIN 8 Boyolali diselenggarakan dengan penuh khidmat dan semangat walaupun dilaksanakan pada hari Ahad yang seharu
MARKET DAY DAN GELAR KARYA
Pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, kompleks MIN 8 Boyolali dipenuhi keceriaan dan semangat kebersamaan dalam acara Market Day dan Gelar Karya. Sejak pagi, siswa-siswi bersama guru dan ora
AKSI HARI SANTRI NASIONAL 2024
Hari Santri Nasional adalah momentum penting bagi umat Islam di Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tahun ini dalam tema “MENYAMBUNG JUANG MERENGKUH MASA DEPAN&
MIN 8 BOYOLALI ADAKAN GLADI AN 2024
Pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2024 ini, MIN 8 Boyolali melaksanakan Gladi Asesmen Nasional yang diikuti oleh 30 siswa dari kelas 5. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga sesi setiap har